Air Terjun Dolo, Salah Satu Wisata Alam Di Kediri, Sejuk Bro..!!

Posted: April 10, 2013 in wisata
Tags: , , ,

Kediri, apa yang brosis semua pikirkan ketika mendengar nama sebuah kota di Jawa Timur ini? Makanannya, tempat wisatanya, pabrik rokok Gudang Garamnya, atau sungai Brantasnya mungkin. Meskipun bisa dibilang kota kecil, Kediri banyak mempunyai ragam entah itu kuliner, wisata, maupun budaya. Seperti yang saya akan bahas dalam artikel saya kali ini, yaitu tentang salah satu tempat wisata alam yang ada Kediri.

bisnis tiket pesawat

Dolo Waterfall

Kediri terletak diantara dua buah gunung yang masih aktif, yaitu Gunung Kelud di sebelah timur dan Gunung Wilis di sebelah barat. Tak heran banyak diantara tempat wisata di daerah Kediri ini berada di daerah dua pegunungan yang mengapit kota ini. Salah satunya adalah Air Terjun Dolo, yang berada di kaki Gunung Wilis di dusun Besuki, desa Jugo, kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Air terjun Dolo ini terletak di sebelah timur Gunung Wilis dengan ketinggian 1800mdpl. Debit air yang dicurahkan air terjun ini tidak besar, tapi cukup menarik dan indah untuk dinikmati. Air terjun Dolo ini terbagi menjadi tiga buah bagian, yang paling tinggi sekitar 125 meter. Sementara di bawahnya terdapat dua anak air terjun kecil dengan ketinggian masing – masing sekitar 2 – 5 meter.

bisnis tiket pesawat

ngaso dulu sebelum turun gunung bro πŸ˜€

Jarak air terjun Dolo dari pusat kota lebih kurang 25 km, dan bisa di tempuh melalui pusat kota ke barat menuju arah Besuki melewati Puhsarang, kecamatan Semen atau bisa langsung dari alun – alun kota Kediri ke barat dan menuju arah Mojo. Jalan menuju air terjun ini dulu susah dilalui karena belum dibangun. Setelah mengalami pembangunan akses jalan menuju air terjun ini sangat mudah meskipun masih berkelok – kelok dan nik turun khas jalan pegunungan. Saya sendiri baru sekali menginjakkan kaki di tempat itu, dulu waktu masih anget – angetnya jadi penganten baru bersama istri :mrgreen: .

Melewati hutan karet, suasana dan udara sejuk khas pegunungan langsung membuat siapa saja yang berkunjung ditempat ini merasa betah. Setelah sampai di pelataran parkir dengan sebelumnya membayar retribusi sebesar 3000 rupiah, kita harus berjalan menuruni anak tangga untuk mencapai air terjun ini. Entah berapa anak tangga yang harus dilalui untuk menuju air terjun ini (ora ngitung bro, kekeselen πŸ˜› ). Di tengah – tengah perjalanan menuju air terjun kita akan disuguhi landscape pemandangan alam yang masih perawan dengan hamparan daun berwarna hijau segar yang membuat siapa saja akan terpesona dan berucap syukur kepada Yang Maha Kuasa yang telah menciptakan alam yang begitu indah.

bisnis tiket pesawat

pose dulu gan πŸ™‚

Disini tersedia juga warung – warung yang menjajakan makanan dan minuman sekedarnya, tapi pada waktu itu agak sedikit sepi. Mungkin karena bukan hari libur kali ya πŸ™‚ . Sampai di air terjun suara gemericik air dan suara hewan – hewan hutan seakan membawa kita kembali ke alam. Damai brosis, dengan view yang indah dan sungai yang mengalir dibawahnya dengan air yang bening dan segar sangat menggoda siapapun yang datang untuk berlama – lama di tempat ini. Setelah puas main air dan mengambil beberapa gambar di tempat ini, saya beserta istri pun bergegas pulang. Nah, ini dia yang bikin males brosis, harus naik anak tangga lagi 😈 . Pas turunnya sih gak masalah, lha mau naiknya kok muales.

bisnis tiket pesawat

Tapi mau gak mau ya harus mau, lha opo arep nginep ndek kene lak yo sido masuk angin to bro :mrgreen: . Dengan bersusah payah dan beberapa kali istirahat akhirnya bisa juga kembali ke atas. Setelah istirahat sebentar kamipun bergegas pulang ke penginapan (masih dalam rangka honey moon bro πŸ˜€ ). Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain di kota ini, dimana saja itu? Tunggu saja next artikel πŸ˜› , yang penting kemanapun tujuannya pastikan safety first brosis. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di dalam perjalanan kita menuju suatu tempat.

Ok brosis, semoga berguna dan Wassalamu’alaikum.. πŸ™‚

Advertisements
Comments
  1. touringrider says:

    hahaha.. jare kok ngono yo roto2, kekeselen naik turun tangga,

    btw, commentnya kena moderasi terus mas. coba disetting gak moderasi.

  2. rudy says:

    kira-kira dari terminal tamanan itu kearah barat ya ?
    Teruz lewat mana lagi, , mksudnya lwt depan kantor pos mojo ke’, atw lwt depan masjid gtu. . ?
    SMS aja balasanya
    085708336606, bysanya saya tdk buka email

  3. ArDa says:

    wah lebih eksotis ini ya πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s