Halo-halo sodara sodara brosis sekalian, blog agak semaput mau update lagi nih 😀 . Kemarin pada hari minggu yang cerah, kebetulan Axer bangun pagi – pagi banget soale siangnya ada acara mbecek (nikahan) ke rumah temen. Setelah subuhan langsung ke aktifitas sehari-hari yaitu ngucek bajunya bos kecil sekalian punya emaknya :P. Selesai semua lanjut memandikan dua kuda besi yang udah beberapa hari gak kesentuh air sama sekali. Bisa dibayangin debunya kayak gimana 👿 , dimulai dari si Semox lanjut ke si Ijo. Selesai mandiin peliharaan saatnya dipanasin, Semox kunci on langsung bletak udugudugudugudug gantian si Ijo, kalau ini pake kick starter aja soale beberapa hari gak kepake sama Axer. Begitu kunci on langsung engkol beberapa kali dan degdegdegdegdegdeg (bukan suara disel yak ), tapi ada yang aneh setelah mesin si Ijo nyala.
Kok tiba-tiba keluar asap putih dari moncong knalpotnya, tambah digas asap jadi hitam pekat dilangsamkan lagi balik jadi putih lagi (walah ketauan si Ijo demen bener sama acara hitam putih di tipi, sampek warna asep aja dibuat item sama putih juga 😈 ). Timbul pertanyaan di benak Axer, ada yang salah di setingan karbu nih? tapi kok ngebul pas langsam warna putih? analisa langsung pindah lagi ke seal klep yang udah getas. Lanjut lagi Axer tanya langsung ke temen yang kebetulan juga seorang mekanik, dan jawaban doi apa coba? “Wes mudun mesin wae iku montore, gowo mrene tak garape” (sudah, turun mesin aja tu motor, bawa sini tak betulin). Woh, langsung shock brosis. Lha wong motor gak pernah telat oli (paling telat beberapatus km ) kok langsung divonis turun mesin. Turun mesin kan harus ganti part daleman terutama piston set.
Bukan masalah hargane brosis yang bikin shock brosis, tapi tanggal tuanya (malah curhat). Nah, tadi malem pas lagi ngobrol sama emaknya bos kecil kok nyium bau bensin. Pandangan langsung ke bawah si Ijo, kok ada bercak keitem-iteman agak encer terus agak dingin-dingin gimana gitu. Pas Axer cium, bensin!!! iya nih bensin, masak iya motor pake minyak goreng. Bensin itu asalnya dari selang outer/pembuangan di karburator. Langsung Axer sms temen dan disaranin buat lepas businya, terus di ketok-ketok karbunya (emang bengkel ketok magic). Setelah saran tersebut dijalankan bensin memang gak ngocor, lha gimana mau ngocor wong kran bensine di posisi off 😀 . Pas distarter lagi asepnya tambah ngebul walah pie iki??
Sekarang si Ijo masih ngendon aja dirumah, gak berani bawa jalan. Takut kenapa-kenapa, soale belum ada dana buat benerin. Bilang sama temen “Bro, garapen disik ngko duwite keri, tak bayar nyicil pie?” (Bro, benerin aja dulu nanti uangnya tak ganti tapi bayare nyicil gimana) dan brosis tau jawabannya apa? “Ok, bungane 110% sak jam” (Ok, bunganya 110%/jam). Woh, lha kok ngalah-ngalahin bank titil wae 😈 . Akhirnya sampai pagi ini hanya bisa manasin mesinnya si Ijo aja sambil ngelus-ngelus dan bilang “sik ya jo, aq jik durung enek dana” jan muelas 😀 . Ok lah segitu aja curhatan Axer kali ini, semoga si Ijo bisa sehat lagi dalam waktu dekat, dan buat brosis yang mungkin dengan ikhlas akan memberikan sumbangan “Koin Peduli si Ijo” bisa langsung PM Axer. Dengan senang hati Axer akan menerimanya 😛 , Wassalamu’alaikum .. 🙂
oh my love…lekas sembuh ya kita bercengkrama lagi….
lha iki calon mantu, ayo kene koin peduli si Ijo 😈
wah..wah…memang punya anak wedok sdh remaja… 😀
btw..si jo baru berapa tahun umurnya…kayaknya belum waktunya “sakit”…
bulan oktober udah 4tahun mas, lha makanya itu aq masih bingung. tapi biar lebih jelas ya dibongkar semuanya aja dulu ntar kelihatan penyakite dimana 😀
Nunggu tanggal mudaaaaa….
waktu begitu lambat berputar menuju tanggal muda saudaraku
asep putih… bensin karbu kebanyakan kali? atau.. wuaduh.. seal klep bocor? moga-moga cepet sembuh si Ijo…
makasih bapake Ale :D, dugaan terkuat sih ada di seal klep yang udah getas mas
Wuah, berat euy semoga cepet sembuh ijo.. nitip review ‘operasi’ sama budgetnya ya masbro…
kalau seal klep tinggal ganti terus diskir ulang aja mas :D, Insyaallah nanti diupdate
Walaaah..moga cepat sembuh ya Jo..
nggeh om lexy, aamiin 🙂
cepet2 diobati, biar sakitnya gak tambah menyebar lagi
siap mas, salam kenal nggeh matur nuwun sudah mampir 🙂
salam kenal juga mas. sama2 🙂
wah kok bisa gitu ya???
iya mas, dari asep putih bisa jadi item gimana gak keren coba 😈
ealaah…mosok katene mudun mesin rek,
lha mangkane iku, kate tak bongkar disik wae cek ngerti penyakite
beda ya bro…
kalo gw malah shock kalo pas di stater gak keluar asep….
kok ente malah shock keluar asep?
😆
huahahahaha lah motor 2 tak kagak keluar asep berabe bro 😀
ya sekali-kali minta di jajanin athleetenya. hehe
http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/08/28/yamaha-v-max-motornya-ghost-rider-2-versi-2014-lebih-kinclong/
iya om, udah mulai minta jajan nih 😦
hehe yaudah semoga cpet sehat motornya… psti mahal y kalo kwasaki?
http://kusuma11wijaya.wordpress.com/2013/08/28/yamaha-v-max-motornya-ghost-rider-2-versi-2014-lebih-kinclong/
ya gitu deh om :D, makasih udah mampir
sipp.. jangan lupa mampir juga 😀
allready mas, udah tak follow juga 🙂
nitip om
http://satuaspal.wordpress.com/2013/08/28/ramainya-serayu-banjir-trail/
mbayar 😈
#efek tanggal tua merajalela
Duhhhh…..
saknoe rekk 😀
http://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/08/24/ymmf-yamaha-mio-music-fest-kompetisi-music-yang-patut-anda-coba/
ho oh kangbro 😦
semoga ndang waras kang
iya mas, makasih yak 🙂
sing g waras sopo iki kang..????
montore mas, sak sing duwe sisan
aku terharu mbah, tak terasa air liurku menetes.. hiks hiks.. cpt sembuh ya to, tar di kasih mimik nano energizer.. (oops, iklan)
“cepet sembuh ya to” he?? to?? emange yanto??
dikasih nano energizer ngaruh to kang?
wkwkwkwk.. typo mbah lek jare boso gahole.. 😀 mbooh yo aq dwek urung njajali.. tp yo ojok sampe c nancyku ngebul.. hehehe
mosok montor umur 2 tahun ngebul 😀
setau saya bukan turun mesin,
kalo turun mesin itu ya segelondong mesin dilepas dari rangka.
athlete kan mesinnya ala bebek, cukup bongkar head aja.
asap putih = seal klep/ring piston bermasalah
asap hitam = berhubungan dengan karbu, bisa karena terlalu boros, jarum pelampung aus/amber.
bongkar head gak selalu ganti piston, kadang cuma skir klep, ganti seal, ganti ring aja
iya om, istilahnya service besar lah 😀
Klo turun mesin sekalian swap engine ninja 250 za om,, hehe
woh ganti BPKB sisan
sabar sik
ngelus2 lincak
semoga lekas sembuh, minum obat dan beristirahat dulu
http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/08/28/aliran-modifikasi-motor-part-1/
iya om 😀
emane talah…ganti epyu po piye kang?…. *mung nawari
hahaha.. iki ae mas :D, wingenane tak sms ra dibales 😦
weleh…tenane looh kang….ra enek sms mlebu kiy kang…
padahal enek tulisane terkirim ki mas, terkirim nyang ndi ya 😀
ssemoga cepet sembuh
makasih om
jiaaah ketuaan mbah 2 tahun.. org bru setahun kurang.. hehehehe tp odometer dah mendekati 26.000km.. wis adoh mongtorku nek playune dilempengno.. semok pean wis piro jaraktempuhe??
isih menuju 12.000 kang, lha wong dari beli cuma dipake mamae rizqi kerja PP paling cuma 7km. sekali-kali diajak jalan2 jauh juga tapi jarang 😀 bulan desember udah 2tahun
saatnya pindah ke lain jok hehehe
dengan kata lain ganti BPKB pak dhe 😈
[…] ← Previous […]
bener kang sugi.. ganti FU ae wes… qiqiqi.. kaburrrr
kene, gelem aku kredit DP 1jt tanpa angsuran 😛
[…] Allah SWT brosis. Lama sudah gak updet perkembangan si Ijo nih bro. Setelah ada masalah kemarin disini, dan serangkaian uji coba menjadi mekanik gadungan disini, Alhamdulillah sekarang kondisi si Ijo […]