Selamat yah mene brosis, udah hari jum’at aja nih bentar lagi liburan (yang libur, lha Axer liburnya malah hari senin ). Kali ini Axer akan membahas kelanjutan cerita si Ijo yang masih belum fit kondisinya pasca kenalpot ngebul warna warninya (dari putih jadi item 😈 ). Buat brosis yang belum tau ceritanya bisa baca di artikel sebelumnya di sini. Nah, beberapa hari gak tersentuh dan belum sempat bawa ke bengkel karena aktifitas Axer yang padat (halah sok iyes 😀 ). Lha berangkat pagi, pulangnya sore jadi udah g ada waktu ke bengkel bro. Minta temen ngambil si Ijo, dia-nya lagi keluar, gimana gak capek deh coba.
Puncaknya ya tadi malam bro, setelah pulang kerja sholat maghrib, momong bos kecil sebentar langsung inisiatif buat “ngutek-ngutek” si Ijo. Dengan peralatan seadanya (baca : pinjem) Axer mulai deh eksplorasi kira – kira apa penyebab ngebulnya si Ijo. Di mulai dari lepas busi dan ternyata warnanya hitam legam brosis. Dan dugaan terlalu kaya bahan bakar pada setelan karbu benar. Kemudian tap bensin sampe kurang lebih 200ml dan engkol si Ijo dengan keadaan tanpa busana busi. Kok enteng ya? ya iyalah orang gak ada businya .
Setelah itu Axer kembalikan lagi semua part yang udah dibongkar (padahal cuma busi doank). Dan coba starter si Ijo dengan kick starter, setelah engkol beberapa kali akhirnya si Ijo nyala juga. Tapi pas langsam seperti brebet, dan Axer setel air screwnya sampai bisa langsam. Selesai, Axer cek knalpotnya masih ngebul atau tidak. Dan apa yang terjadi sodara-sodara???? Ternyata masih ngebul tifis warna putih 😦 . Hadeh gagal nih eksplorasinya, tapi belum nyoba kalau gas dibuka lebih besar keluar asep item atau tidak. Soale kemarin keadaan udah malem, bos kecil udah mau bobo’, tetangga juga baru lahiran. Kalau Axer paksain geber geber gas, iso digemplang boto tanggane dan gak dijatah sama emaknya bos kecil bro
Akhirnya disudahi saja eksplorasi malam kemarin, dengan pikiran besok ajalah dibawa ke bengkel. Tadi pagi Axer berani-beraniin pake si Ijo berangkat kerja, pas dipanasin sekali engkol langsung nyala. Dari moncong knalpotnya masih keluar asap putih beberapa saat kemudian ilang. Nyampe tempat kerja sms temen bengkel buat cek karbunya si Ijo ternyata doi masih belum bisa. Ya udah akhirnya besok pagi aja ke bengkelnya (ditunda-tunda mulu nih, bilang aja efek tanggal tua merajalela 👿 ). Sekarang ya dinikmati dulu fitur barunya si Ijo dengan asap warna warninya. Untuk performa sendiri sih masih sama kayak pas waktu masih sehat cuman mungkin feeling aja agak kurang gimana gitu, karena memang si Ijo lagi sakit. Ok sekian dulu brosis, ntar kalau udah ada perkembangan tentang si Ijo ane update lagi. Jum’at Mubarak..Wassalamu’alaikum.. 🙂
wadow kok apesmen kang..
huahaha pancen dasare duduk mekanik mas
wah, belum sembuh ya si ijonya. malam jum’at waktunya sunah Rosul bro, 🙂 🙂
hahaha..si Ijo sunah rosul sama siapa yak? colek @eko prant
Ati-ati cekidot olinya trus masbro… kalo bener sealnya break, gampang cepet kering tuh….
sementara volume oli masih stabil mas, kalau berkurang karena emang udah waktunya ganti 😀
montir gadungan…? podo… 😀
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/08/30/this-is-jayapurathe-dream-land/
xixixixi
komen perdana masbro
dilihat dari cerita sampean kemungkinan ada kebocoran pada silinder blok sehingga oli ikut terbakar , ini menyebabkan keluar asap putih
kalo asapnya item berarti setingan karbu terlalu boros
gitu ya mas, ini rencana mau tak bongkar dulu biar kelihatan penyakitnya dimana
nah kebocoran silinder bukan selalu karena piston masbro,bisa jadi karna sil klep yg aus atau ring seher terutama ring oli yg paling bawah melemah
iya mas, pikirq juga gitu. soale kalau harus turun mesin kayaknya kok belum waktunya. weh kalau sampeyan rumahe deket pasti udah tak dolani mas (kon mbenakne sisan 😛 )
sil klep e athlete 1 set 50ewu lek… weleh2 🙄
ya begitulah, menurut analisis sampeyan kerusakan ada dimana mas?
hahaha ngakak 😆
hayah malah ngakak 😛
mantap…biasanya kalao malam jumat yg pegang busi emaknya bos kecil kan ..
wes ketekan wong iki mesti rusak iki 😛
Kalau rusak kan ada mekanik gadungannyaaa….
woh ngecee… 😈
YESS!!!!!
Akhirnya motor gw ada yang nyamain asep nya…
😆
hayah malah seneng, tos dolo gan
*toss
😆
Kaget aku, Mas Roy jg mampir dimari. Hebat.
wakakakakak
Ring pistone bsa jd mbah,, nek mesti turun mesin skalian OS pake Seher klingon.. wakakakakakak
gawe seher astrea prima wae
Ganti seher crf 250 za, 70’n mm
mesisan ganti piston e CBR250 lek diameter 76mm 😈
ganti BPKB ae timbang kui 😀
Athlete 2 tak y om,??
ho oh om, titisannya ninja 150 RR nih 😈
3,5 G brot.. 😀 setara EVDO rev B.. tp msh dibawah LTE 4 G.. wkwkwkwk kaboor sik ah, ngko enek seng nduwe warung aq diseneni sisan..
ngawur ae, jik gawe gprs iki paling banter edge 😆
Baru x ni komentr sy di bles 2 orng sekligus,,v ne beneran orang kan,, hehe
oww, titisan ninja rr y klo di kediri, di cirebon mah 4 tak ko om pke mesin bebek,, kereeennn
pake 5G ana bli nang,?? Haha
mekanik gadungan tidak perlu uang tips
hanya perlu sepiring nasi pecel 😀
wahahaha.. mekanik gadungan…. kalo udah bisa lumayan bisa serabutan 😀
iya masbro, ntar kalau motor konsumen gak bisa dibenerin dijual aja trus uangnya dibagi 2 😀
Huahahaha aku i ngguyu malam jemuahmu ancen mubarok 😀
hayah malam malem jemuah
(njungkel)
sunah rasul sek..
awweeenaaaakkkk
Moga si Ijo lekas sehat 🙂
siap mbak bro, tks udah mampir 😀
foging mas
swadaya mas, nunggu bantuan RT kesuwen 😀
[…] Ijo nih bro. Setelah ada masalah kemarin disini, dan serangkaian uji coba menjadi mekanik gadungan disini, Alhamdulillah sekarang kondisi si Ijo berangsur membaik dan sudah bisa dipakai kayak biasanya […]
Gan mau nanya.. klo athlete pertama x pake shock depannya emg bunyi ngok ngokk gtu yahh pas ktmu jln rusak atau poldur??
Bunyi nya ga enak bgt soalnya.. ngokkkk ngokkk.. hahaha..
si Ijo ane nggak tuh bro?paling kalau ketemu lubang agak dalem ya jedok gitu doang, kalau ngok ngok kayaknya g deh. pernah sih denger suara gitu pas belok tapi. gak tau juga asalnya darimana. yang pasti bukan dari spakbor bro
mas bro… klo boleh tau di dealer/bengkel resmi kawak bisa beli toolkit macam kunci busi dll gitu gak? ane abis beli athlete second tp toolkitnya gak ada,
and emang ya klo ppagi2 starter tangan susah dipake? gw tiap pg selalu ngengkol terus. tp kalo mesin msh anget starter tangannya gampang
kalau toolkit kayaknya g ada masbro, cari aja after marketnya, sama kayak tollkit punya honda kok. kalau electrik starter pas pagi susah nyala coba cek di aki atau sekeringnya. kalau saya sendiri kalau pagi juga pake kick starter. sebelum kunci on saya engkol dulu beberapa kali abis itu baru kontak on dang langsung bruummm..biar olinya nyebar dulu karena semalaman mesin nganggur. selain itu juga kalau langsung pake electrik starter pagi hari bisa bikin akinya cepat tekor. pakai electrik starter saat mesin motor masih panas, biar kualitas penyimpanan di akinya bisa maksimal. semoga berguna bro 🙂