Motor Loss Kompresi?? Jangan Panik Dan Khawatir

Posted: November 16, 2013 in otomotif
Tags: , , ,

Selamat malam bapak bapak ibuk ibuk sodara sodari dan teman teman yang berbahagia, HAPYY WEEKEND BROSIS πŸ˜€ . Wah lama sudah tak ngepos di blog agak semaput yang tercinta ini. Lha gak ada berita menarik brosis (lha wong blognya aja gak menarik πŸ˜› ). Tapi hari ini ada kejadian yang agak membuat sedikit panik bagi Axer. Loh emange ada apa? sebenere bukan masalah besar sih brosis. Beberapa hari ini Axer blas gak nyentuh si Ijo, karena emang males make soale ujan terus disini. Si Ijo kalau dipake pas ujan2 kotorannya kemana-mala (baca : males nyucinya). Nah tadi pagi pas, mau Axer panasin pakai kick starter lha kok enteng. Halah wes langsung yang nyantol dipikiran “Loss Kompresi” . Bener aja brosis, tak engkol berkali2 jian ndak ada hantaman balik blas. Kayak motor kagak ada businya.

ijo

Axer buka busi dan tutup lubang busi pake jempol dan di slah tetep tidak ada efek meletup dari dalam ruang bakar sama sekali. Karena males ke bengkel mending DIY wae lah. Ambil tablet langsung browsing (canggih tenan tablet bisa buat browsing πŸ˜€ ). Dan di sebuah blog kawahara racing ada tuh ulasan tentang mengatasi loss kompresi. Disitu disarankan buat ngasih oli secukupnya ke ruang bakar melalui lubang busi. Yup, langsung aja Axer ngambil oli sisa dari si Ijo dan tuangin ke lubang busi pake sedotan. Axer engkol lagi sebelum pasang busi kembali. Setelah itu Axer pasang kembali businya dan engkol berkali-kali masih tetep gak ada kick balik. Setelah dicoba berkali-kali akhirnya si Ijo mau idup tapi terdengar suara klep renggang.

Axer coba buat muter kebelakang rumah buat mastiin udah oke apa belum. Waktu Axer geber dan tenaganya belum pulih bener. Balik kerumah Axer check lagi kompresinya dengan kick starter Alhamdulillah udah ada kick baliknya pertanda kompresi udah kembali. Tadi abis maghrib dipake buat keluar beli minyak telonnya bos kecil juga udah sip, tapi belum coba buat ngebut soale pas gak pake helm (jangan ditiru). Apa mungkin si Ijo ngambeg karena belakangan jarang dipake yak. Tapi menurut Axer mungkin karena klepnya terlalu renggang. Bisa Axer simpulkan seperti itu karena saat nyala setelah proses diatas terdengar suara klep yang lumayan gak enak di denger. Keduanya mungkin emang sudah waktunya bersih-bersih ruang bakar sekalian skur klep.

Pengennya langsung bongkar sendiri apa daya gak punya alat dan minim pengetahuan. Mau ke bengkel juga uangnya masih kalah sama popoknya bos kecil (ujan-ujan boros popok brosis πŸ˜€ ). Hayah malah curhat, setelah ngerti apa yang harus dilakuin tadi Axer sempet update di FB juga. Dan brosis tau tanggapan teman-teman di FB ? yang paling mak jleb ya komennya mas Rony Setiawan “GANTI NINJA” :mrgreen: . Ninja bisa beli gak bisa ngopeni Β (ngrawat) aku mas πŸ˜€ , lha wong punya kelas premium (bensin) wae ngopeni males kok πŸ˜€ . Emang dah temen-temen FB Axer kalau komen suka ngawur tapi itu yang Axer suka dari mereka πŸ˜€ . Oke brosis, cukup segitu aja dulu update-an kali ini. Masih mau lanjut buat laporan dulu abis itu maen PS πŸ˜€ . Semoga berguna, salam #slikurewustyle dan Wassalamu’alaikum.. πŸ™‚

Comments
  1. manteppp… sieppppdah.. πŸ˜€

  2. Karis says:

    wayahe ganti bpkb kui
    #kaboooorrr

  3. marz says:

    si ganteng ijo ngambek gara2 yg di elus2 cuma si sexy merah sajah pak..

  4. kimcil balap says:

    untung yang rewel si ijo, coba kalau bini rewel :mregreen:

  5. tzuwanto says:

    Kbnyakan bercinta sama nancy,, si ijo cembokur.. :mrgreen:

  6. budiarto says:

    itu per seker g mau balik (melingkup) om jd dikasih oli biar kmbli semula tigerku dl jg gitu.

  7. Mase says:

    waalaikum salam….
    wah sudah sehat lagi…..salam satuaspal…

  8. Indra says:

    ajak jalan mangkne masbro… si ijo ngambek nganggur mulu.. hehehe…

  9. wijaya3 says:

    Oh itu tho masalahnya, mungkin atas ane tau jawabnya kang :mrgreen:
    salam satu lobang

  10. abdoe maggi says:

    Wah sip lah kl bgt…mgkn gara2 jarang d belai si ijo masbro πŸ˜€

  11. wongndeso94 says:

    Wah,,, Si Ijo rewel maneh. Di lem biru wae ben nyantol.

  12. ekomoker says:

    nek klep renggang se ga mungkin sampe loss kompresi brot bisa jadi ada kotoran yg mengganjal klep atau setelan klepnya terlalu rapet jadinya klep terdorong sampe membuka sedikit

  13. ninja150ss says:

    benerr bos,,,ganti ninja spt ay punya…
    colek gas dikit langsung terbang…
    #ups sloganya miminlover dink….wkwkwkwk

  14. andhi_125 says:

    bener iku, trik darurat ditetesi oli lewat lubang busi
    dulu almarhum gl max sering kayak gitu, maklum keluaran 90an, wis njaluk adek πŸ˜†
    enak-enak dipake, mak-jleb, mesin wafat, diengkol los terus 😦

  15. kalo mw ninja pake yang KIS aja jangan yang SKIPS. di jamin enak n gak repot. isi premium juga bisa kok.

  16. Mbak Snoopy says:

    Sedikit pengetahuan dari mas2 mekanik, adalah lubang businya diisi sama dikit oli,terus ditutup sama tangan/kalau panas sama serbet di kick starter (sampek muncul kompresi ne) tapi ntar pasbusi terpasang pasti ngebul.tapi yang sering terjadi adalah “berhasil”..
    wkwkwkwkwk…

  17. dhanicsetio says:

    untung aku ra loyo πŸ˜†

  18. Maskur says:

    udah lama nggak mengalami

  19. awansan says:

    wah foto bos kecil diperjelass dong :D, btw itu udah brapa tahun nggak dibongkar ??

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/11/27/ketika-alphard-menjadi-metromini/

  20. ax125 says:

    wah ada sesepuhnya ax di dunia per blog an πŸ˜€
    ijin berguru, pak :3

  21. polda jatim says:

    Thanks for any other informative blog. Where else
    may I get that kind of information written in such a perfect method?
    I have a project that I am just now working on, and I’ve been on the look
    out for such info.

  22. Doni says:

    Mas, per selahan athlete diluar blok mesin apa di dalem ya? Punya sy ga tau patah ato copot, klo di dalam kan harus bongkar mesin/turub mesin

Leave a reply to andhi_125 Cancel reply