Semangat pagiiii, selamat hari jumat bro n sis. Woah lama juga gak update blog agak semaput ini (ya ea lah namanya juga agak semaput kalau lagi sadar ya update). Kali ini Axer akan menuntaskan hutang artikel seputar motor underbone dan bebek 2tak super. Setelah Kawasaki Leo Star, Yamaha 125Z, dan Nova Tena kemarin hari ini Axer akan bahas tentang Honda Nova Dash 125. Yup, underbone super yang merupakan downgrade dari sang kakak yaitu NSR 150. Motor ini pertama kali di launching pada tahun 1996 dengan tajuk Nova Dash 125 R dan RS. Nova Dash adalah upgrade atau bisa dibilang reborn besar-besaran dari generasi Nova.
Nova Dash keluaran pertama adal 2 varian yaitu Nova Dash R dan Nova dash RS. Perbedaannya adalah bila Nova Dash R hanya menggunakan 5 percepatan dan rem belakang masih tromol. Sedangkan untuk Varian Nova Dash RS sudah mengadopsi 6 percepatan dan rem belakang sudah cakram. Dengan Spesifikasi bore X stroke 55 x 52 mm, cc normalnya adalah 123,5cc. Kalau masih bingung bore x stroke kok hasilnya cuma segitu, padahalkan bisa lebih π . Begini kalau dihitung lagi dengan rumus (3,14 x diameter piston x diameter piston x stroke : 4000) kalau dipakai untuk kubikasi mesin nova dash RS jadinya seperti ini (3,14 x 55 x 55 x 52 : 4000 = 123,48 dibulatkan menjadi 123,5).
Dengan kompresi 7,0 : 1, power underbone 2tak ini bisa mencapai 22.0 PS atau setara 21,56 HP. Boleh dibilang cukup kencang dan performanya joss pada masanya. Nova Dash ini bisa dibilang generasi terakhir dari klan Nova 2tak. Karena pada sekitar tahun 2000-an dimana sudah ditetapkan Euro 2 untuk emisi gas buang, generasi Nova digantikan dengan mesin 4tak yaitu Nova Sonic. Nova Dash RS ini pun juga mendapatkan upgrade dimana pada 2tahun setelah launching yaitu tahun 1998, motor ini mendapatkan refreshment dari segi body. Untuk mesin masih sama menggunakan mesin sebelumnya, tapi tetap saja power tidak disunat. Mesin dengan kubikasi 125cc, dengan liquid cooler, dan penancapan karbu Keihin PE24 maka boleh Axer bilang kalau motor ini terbaik di kelasnya.
Dan kenapa tadi Axer bilang ini adalah downgrade dari NSR 150? Itu karena Nova Dash sudah menggunakan tipe frame delta box untuk menghandle tenaga yang dikeluarkan yang mencapai 22 PS pada 9000rpm ini. Desain stop lamp juga mirip dengan stop lamp NSR 150 sehingga kesan macho dan speedy terpancar dari motor ini. Sayang sekali sangat jarang berkeliaran di sini. Axer pun belum pernah melihat Nova Dash ini diseputaran Kediri dan tempat-tempat yang pernah Axer singgahi. Jadi kalaupun dulu banyak yang berseliweran di arena balap pasar senggol, itu pasti didapat melalui IU alias Importir Umum dan harganya juga pasti tinggi mengingat penerapan pajak di nusantara tercinta ini terbilang edyan tenan. Jadi bisa dibilang hanya kolektor dan speed freak berkantong tebal saja yang bisa mendapatkan motor ini.
Oke, sekian dulu update kali ini bro n sis. Memang kalau ngomongin performa mesin 2tak super tidak akan jauh dari yang namanya kecepatan. 2tak adalah 2tak yang mana kedigdayaannya tidak akan mampu disamai dengan performa mesin 4tak dengan cc atau kelas yang sama ataupun setingkat diatasnya. Semoga berguna bro n sis, tetap semangat meskipun baru kena musibah. Salam #slikurewustyle dan Wassalamu’alaikum.. π
nggonmu to?
apane sing nggonku kang?
mongtore
atlit always in my heart, nova dash lek diwehi yo gelem ngko tak dol maneh
hibahke nanggoku wae
aq wae yo golek hibahan kok
mirai bin ngowoh…
ember mana ember π
pake tangan sampeyan aja kong wkkwkwkw
wani piro
WELEH,JUOS
ngueenggggg π
jaman 2 tak banyak motor super yak
iso mabur
Py ceritane nova njuk iso dadi sonic 4 tak kang
kan iku mulai penetapan euro 2 montor 2tak akeh sing kukut, mungkin teko kono maleh ganti 4 tak jenenge sonic #paling
ouh…makasih pencerahannya suhu…dulu saya sempat naksir si pnunggang sonic soalnya #eh
mesti lanang sing numpak sonic, kelakuan ket ndisik sampek saiki pancet ae
athoh konangan meneh
wakakakakak
seneng rak an
bianget
Nyooosss
idaman gue dulu..
idamanku nggur bojoku π
ehm π
pehhhh
wah..the last nova π
nova eliza π
ngganteng sing repsol
sangat
bagus juga ni mtr mas’ee, jaman skrg msh ada ga yaa?
kayaknya sih masih ada, cuman di thailand sono bro π
radiatornya aja udah segede itu π π
adeemmmmm π
walahh thailand, oke juga radiator nya 11 12 sma punya ninin.. CMIIW
raja tarik2an jaman blanda nih….
hahaha iya mas
http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/01/04/materi-lpg-dan-penjelasannyaindikasi-kebocoran-dan-cara-mengatasi/
Belum pernah lihat nih mongtor
podo π
masih ganasan mana ya sama yamaha tiara? π―
masih galak ini bro
Ini motor gila di era sekarang pun harga nya gokil abis.
soale beline lewat IU bro jadi pajaknya gila2an, coba kalau CKD (opo mungkin) π
Impossible, Nova ga diciptakan buat Indonesia. kalo di indo tar berubah jadi CS 1, atau Village Sport 1 Street Fighter Chun Li edition (halah opo meneh toh iki.)
wakakakakak nek kene cukup supra pit wae π
Perasaan dari sd diajarin ngitung volum tu phi(3,14ato22/7) x r(jarijari)^2 x tinggi deh. Jadinya ntu 22/7 x 27,5 x 27,5 x 52. Terus berhubung itu dalam mm, dibagi 1000 deh.
hehehe itu juga cuman dapat dari rincian speknya aja kok gan. pastinya ane juga ndak tau π
Punya temenku bisa ngasepin ninja r dg mudah… dash rs 2001 knrn beli 31jt
Saya punya nova dash
Body repaint,head,blok,seher,stang,laher bambu,cdi all new,alias full restorasi
087777704243
35 jt
Posisi bsd tanggerang