Lawan Sepadan MX-King a.k.a Exciter 150 Bukan Satria FU, Tapi..

Posted: December 18, 2014 in otomotif
Tags: , , , , , ,

Selamat yah mene bro n sis, blog agak semaput muncul kembali dengan artikel yang kurang bermutu 😀 . Beberapa hari belakangan ini banyak berita tentang kemunculan gacoan baru dari Yamaha yaitu The King of Street a.k.a MX King a.k.a Exciter 150. Dari desain gak beda jauh sama New Jupiter MX versi lokal hanya beda di spakbor ala R6, pengaplikasian velg tapak lebar dan gambot saja. Tapi disini Axer gak akan bahas segi desain, karena Axer mengakui kalau urusan desain Yamaha memang jagonya. Disini Axer akan mengkompare MX King a.k.a Exciter ini dengan produk yang bisa dibilang sebanding (menurut opini Axer). Kalau dibandingkan dengan Supra 125 atau Blade 125 jelas tidak mungkin dan akan kalah telak baik dari segi spesifikasi maupun desain. Dibandingkan sama si domba garut CS1 juga tidak sebanding karena spesifikasinya “sedikit” lebih dibawah MX King. Dibandingin sama FU? sudah dibahas sama om motogokil disini bahwa MX King bukan sepadan lawan untuk Satria FU.

VS

Lalu mau dibandingin sama apa? Penasaran? Ok, Axer akan sedikit membuka ingatan bro n sis sekalian tentang sosok motor bebek sport yang populasinya sangat jarang di Indonesia. Bebek sport keluaran pabrikan Bollywood yaitu TVS Tormax 150. Axer pikir motor inilah lawan sepadan dari MX King ini. Dari segi spesifikasi bisa dikatakan seimbang. Sama-sama berkubikasi 150cc, SOHC, dan berpendingin cairan. Hanya saja bedanya Tormax menggunakan 3 klep (2 inlet, 1 exhaust) dan MX King menggunakan 4 klep. Sama-sama memiliki 5 transmisi percepatan, hanya saja Tormax masih menggunakan karburator sebagai pengabut bahan bakar sedang MX King sudah menggunakan Fuel Injection. Bagaimana perbandingan dari segi power yang dihasilkan dari 2 motor bebek kencang tersebut? Dari berbagai artikel yang sudah banyak dishare para blogger Tormax bisa menghasilkan power max 13,2 HP @8000rpm sedangkan MX King tembus 15,4 HP @8500rpm.

Disini terlihat sedikit jomplang dan lumayan jauh diferensiasinya. Lalu kenapa dengan spesifikasi hampir sama, power yang dihasilkan Tormax terpaut cukup signifikan bila dibanding MX King? Kemungkinannya adalah peak power pada Tormax hanya disa didapat pada RPM rendah (8000 rpm) dan setelah itu power akan cenderung drop meskipun saat melaju di atas 8000rpm sekalipun. Bisa jadi hal ini diperuntukkan supaya konsumsi BBM tidak terlalu boros. Nah bagaimana dengan MX King kenapa powernya bisa lebih besar? seperti yang dibahas om motogokil disini bahwa mesin dari MX King ini bisa dibilang downgrade dari mesin NVL yang 16.36HP. Yamaha hanya mengurangi efisiensi volumetrik (VE) nya, jika pada vixion 85%, pada exciter150 cuma 80%. Jadi wajar bila power Tormax dibawah dari MX King.

Tapi tetap saja kalau untuk urusan top speed kemungkinan Tormax untuk menyaingi MX King tetap ada. Tormax mampu menggapai top speed 133kpj dan MX King seperti yang kita tahu saat tes ride di Vietnam tembus 136kpj tidak terpaut jauh bukan? Jadi memang Tormax lah sebetulnya lawan sepadan dari MX King kalau untuk urusan power. Tapi kalau penjualan? yah kita sama-sama tahu lah gimana populasi dari Tormax ini. Kalau MX King sendiri bagaimana? Lets wait and see saja bro n sis lha wong baru saja rilis 😀 . Oke lah sepertinya itu dulu saja pembahasan lawan sepadan dari MX King ini dari Axer. Salam #slikurewustyle dan Wassalamu’alaikum.

Advertisements
Comments
  1. Admin01 says:

    petromax, muosoookkk???

  2. Tanto Zoe says:

    pertamax.. makan makaaaaan..

  3. Tanto Zoe says:

    podium 1,3.. yesss… :mrgreen:

  4. Tanto Zoe says:

    ngoahahaha… sik sik, hapene lobek.. 😀

  5. 46sukses.com says:

    Model ok deh bisa di bandingkan tormax,,,,tapi tetep aja langkah tujuan utamya cs1 rebon,,,,dlm hal penjualan,,,dan musuh utamanya fu dan cs1 di sirkuit nanti,,,naaaaah kecuali si tormax ini laku keras dlm hal penjualan,,,bisalah di katakan lawan ama tormax…lawong 1kelurahan di tempat sya aja gak ada tu yg punya tormax,,,betul apa betullll?

  6. gaplek mania says:

    kok nggak kedengeran lagi.emang discontinue si tormek?

  7. andhi_125 says:

    tormax….pernah liat sekali di malang, nunggangi belom pernah
    https://aslimalang.wordpress.com/2014/12/19/kemajuan-apa-ini/

  8. ax125 says:

    tinggal nunggu kabar KMI yg luncurin Ax150 :v

  9. jape methe says:

    hai mbah mekel engkong gondez
    lam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s