Si Ijo Perpanjang Nafas Hidupnya Di Samsat Blitar

Posted: October 28, 2014 in Uncategorized

Halo bro n sis semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat tetap semangat supaya bisa baca dan komen di blog agak semaput ini lagi 😀 . Alhamdulillah setelah sekian lama Axer menjanda gak nulis, akhirnya hari ini Axer coba buat nulis lagi. Ya meskipun sudah sedikit agak lupa gimana cara nulis yang baik (emang tulisan Axer baik ya selama ini 😛 ). Oke bro n sis, kali ini Axer akan membahas tentang icon blog ini yaitu si Ijo kawasaki athlete 125 tunggangan Axer. Gak terasa usianya udah diangka 5 tahun, belum banyak ubahan disektor mesin yang pernah Axer lakukan buat si Ijo, selain mengganti darah segarnya saja selama ini. Part fast moving juga jarang sekali diganti meskipun begitu memang part-part yang ada pada si Ijo ini memang menurut Axer awet (“bilang aja gak ada duit bos” si Ijo said). Axer hanya meremajakan karet bundar, handle rem, aki (meskipun sekarang udah soak lagi). Tapi Axer gak akan bahas masalah itu, lha terus bahas apa?

IMG_1351

Yup, karena sudah berusia 5tahun jelas si Ijo sudah waktunya ganti plat nomor. Ini sebenarnya yang bikin Axer mumet beberapa hari belakangan. Galau antar mutasi ke Kediri atau tetep setia di plat Blitar saja. Sempat konsultasi sama juragan JiTiMen mas Rony member motuba, beliau menyarankan untuk mutasi saja dengan estimasi biaya ya kurang lebih 1jutaan. Setelah Axer pikir-pikir oke juga ini kalau di mutasi. Setelah menyiapkan semuanya, ndilalah kok ya ada keperluan lain yang juga gak kalah penting dari mutasinya si Ijo sedangkan dana juga agak ngepres. Gak usah disebutkan lah apa alasannya, yang elas itu membuat Axer tambah mumet. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, Axer pun mengambil opsi kedua, yaitu tetep pake plat Blitar saja. Axer kemudian kontak dengan teman karib Axer waktu MAN yang ada di Blitar, dan mengutarakan maksud dan tujuan Axer ngontak dia. Bermaksud untuk meminjam KTPnya untuk di balik namakan ke STNK dan BPKB si Ijo.

IMG_1352

Setelah mendapat izin, kemarin pun Axer berangkat ke Blitar untuk menuntaskan tanggungan pajak si Ijo. Axer berangkat sekitar jam 06.00 dari rumah Kediri, dan sampai di tempat temen di Ponggok sekitar jam 07.00. Axer datang, rumah masih tertutup. Axer kira doi sudah berangkat kerja, langsung cek di tempat doi kerja ternyata belum ada juga. Axer telpon gak dijawab, akhirnya Axer tunggu saja dia di teras sambil sesekali nyoba telpon doi. Lalu ada suara pintu dibuka, dan apa yang buat Axer misuh-misuh? Doi baru bangun tidur bro 😆 . Langsung masuk, ngobrol sama ngopi bentar jam 08.00 langsung capcus ke Samsat Wlingi. Nyampe sana kisaran jam 09.00 langsung mampir ke tempat Foto Copy, nyerahin berkas sambil bilang “mau balik nama mas”. Selesai di foto copy langsung bayar 18ribu karena include materai juga. Langsung masukin berkas ke bagian cek fisik kendaraan, sempet ditanya sama petugasnya “ini punya sampeyan sendiri mas?” “iya pak” “alamat mana?” “ponggok, 01/01” (untunge sempet baca sekilas KTPnya).

IMG_1354

Langsung dapat formulir cek fisik, diisi lalu langsung antri buat gesek nosin dan no.rangka. Setelah selesai langsung kembalikan ke bagian cek fisik untuk disahkan. Nunggu sekitar 15 menitan baru dipanggil, setelah itu langsung menuju ke loket pendaftaran balik nama kendaraan. Disana diberikan formulir lagi dan dikenakan biaya 80ribu untuk penerbitan buku BPKB yang baru nanti. Setelah diisi diserahkan kembali ke loket pendaftaran dan menunggu dipanggil. Agak lama juga nunggunya sampek bosen eh ada petugas cewek yang lumayan cemekel sliwar sliwer saja dari pas Axer isi formulir. Sayang batere kamera sudah merah jadi gak bisa ambil gambarnya, kalau pake HP burem 😀 . Setelah menunggu agak lama sekiatr 45menit baru dipanggil ke loket ditanya sama petugas “ini pajaknya sudah mati ya?” “iya pak” (FYI si Ijo pajaknya sudah mati dari tanggal 23-10-2014 kemarin). Karena sudah siap dengan hal yang memang jadi tanggungan ini begitu dimintai denda Axer gak menolak dan membayar denda keterlambatan 54ribu. Setelah itu nunggu lagi buat bayar pajak dan BBNKB nya, agak lama kemudian dipanggil ke loket lagi dan bayar pajak dan BBNKB 375ribu.

IMG_1355

Habis bayar pajaknya nunggu lagi buat antri ambil STNK dan TNKB. Gak lama dipanggil lagi dan bayar biaya 80ribu (50ribu untuk STNK dan 30ribu untuk TNKB). Saat pembayarn dan penyerahan pajak tahuna itulah diinfokan oleh petugas kalau STNK jadi 6bulan lagi, dan untuk BPKB akan diinfokan setelah STNK jadi. Axer sih gak merhatiin apa yang dibilang petugas, cuman Axer merhatiin petugas satunya yang bisa buat tombo ngantuk (lagi-lagi batre kamera gak mendukung jadi yang bilang no pict : hoax yo urusanmu 😛 ). Setelah itu antri lagi buat ambil TNKB kalau yang ini cepet, Axer juga kaget wong yang sudah antri sebelum Axer aja belum dapat lha Axer malah duluan ya wes Alhamdulillah. Setelah dapet TNKB Axer bergegas pulang dan baru tau kalau kunci kontak si Ijo hilang, nyari kesana kemari gak ketemu untungnya Axer bawa kunci cadangan, kalau ndak ya ngalamat nginep di samsat sama mbake yang Axer ceritain tadi 😛 . Total biaya baliknama di Ijo ini adalah 619ribu dengan rincian :

IMG_1356

– fotocopy berkas + materei (18ribu)
– cek fisik (gratis)
– biaya cetak buku BPKB (80ribu)
– denda keterlambatan pajak si Ijo selama 4hari (54ribu)
– pajak + BBN (375ribu)
– STNK + TNKB (80ribu)
– pertamax 1,2liter (12ribu ; ngisinya sih full tapi cuman kena 12ribu 😛 )

IMG_1357

Oke, begitu sajalah curhatan Axer kali ini, lama gak curhat langsung panjang dan lebar. Terima kasih buat mas Rony buat infonya soal mutasi kendaraan meskipun gak jadi di mutasi dan juga terimakasih buat temen Axer di Blitar “You Rock Bro” 😀 . Semoga berguna bro n sis dan semoga artikel ini akan disusul oleh artikel  artikel lain dari Axer, amiin. Wassalamu’alaikum.

Advertisements
Comments
  1. orong-orong says:

    wow panjang kali ini, menguasai
    ijin share sob, produk suzuki taiwan nich. siapa tahu ada yang cari
    http://orongorong.com/2014/10/28/produk-suzuki-taiwan/

  2. c@mpret says:

    joss..😀

  3. azizyhoree says:

    BBN *ketika ajian nyileh KTP wis nemu jalan buntu :mrgreen:

  4. adityaprad says:

    Wooooh dowoneee lik

  5. kenthoet says:

    mayday mayday : tolong bagi agan2 yg mengetahui kberadaan rider athlete ijo no.pol AG 3419 MY , tlong sgera hubungi kantor KPAI dan polres trdekat utk dimintai pertanggungjawaban ats perbuatannya krna dia udah menghamili Kambing saya yg masih dibawah umur , thnks

  6. martin says:

    mampir krmh qu d kota blitar bro..

  7. touringrider says:

    hahaha… bukak YO?? iku wong ta demit?? eh…

    makane nek prei ojo semangat balik nama.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s