Brosis, siapa sih yang gak tau kalau kawasaki athlete itu motor penipu :P. Eits tunggu dulu, penipu dalam hal apa dulu donk. Kawasaki athlete dengan tampang ayagonya ini kadang sering disejajarkan dengan Sisuzi Santeria EpYu, padahal ya butuh banyak ubahan disana sini buat bisa nyaingin si bebek hyper underbone macam SF. Yup penipu yang Axer bilang adalah penipu dari tampangnya. Karena gak jarang juga para rider SF di lamer bleyer – bleyer ngajakin tarik – tarikan. Lha Axer ya santai aja to lha wong diatas kertas saja sudah kalah telak kok. Jadi ya sok silahkan maju duluan saja yang mau tarik – tarikan, Axer mah kalem saja. Motor kelas premium bukan pertamax kayak si Ijo ya pelan – pelan saja biar yang liat tambah mupeng (ngarep :mrgreen:).
Tidak bisa dipungkiri memang, Kawasaki Athlete ini baru keluar peak powernya pada saat putaran mesin meninggi.Jadi butuh trek agak panjang buat bisa mencapai top speed. Akselerasi juga terbilang lemot dikelasnya, beda dengan HSX125 ataupun Shogun 125 maupun Axelo 125. Jadi untuk urusan tarik – tarikan athlete tidak masuk dalam hitungan, kecuali kawasaki athlete yang sudah mengalami beberapa ubahan disektor mesin seperti kawasaki athlete yang menyabet fastest lap di sirkuit international sentul di ajang indoprix pada 2009 silam. Lalu bagaimana sih cara meningkatkan performa dari kawasaki athlete ini biar lebih keluar lagi powernya. Salah satunya adalah merobek filter elemen udara 2-3 strip untuk meningkatkan konsumsi udara pada proses pembakaran BBM.
Alternatif lain adalah oversize piston dengan menggunakan piston bertipikal dome untuk memperoleh kompresi yang lebih besar. Tipe mesin kawasaki athlet yang over square dengan diameter silinder 56mm dan diameter langkah 50,6mm pada RPM bawah memang tak terlalu terforsir (makanya lemot) tapi mantap untuk urusan top speed. Kalau buat touring sih oke, tapi kalau untuk didalam kota kok malah jadi boros brosis. Soalnya untuk narik di awal dibutuhkan RPM tinggi untuk bisa mencapai power otomatis buka throtel juga lebih dalam dan konsumsi BBM jadi ngowos. Daripada harus bore up kan eman – eman bro mending ganti pistonnya saja dengan model dome.
Selain itu adalah setingan karbu, di sektor pengabut bahan bakar ini bisa diseting untuk touring dengan main jet 112 dan pilot jet 22, sementara untuk kota – kota bisa diseting dengan main jet 105 dan pilot jet sama 22. Supaya tarikan makin nyus dan tidak boros BBM. Cara – cara diatas Axer ambil dari beberapa sumber diantaranya adalah dari ototrend.com. Untuk saat ini sih belum dipraktekkan pada si Ijo karena Axer masih nyaman – nyaman saja dengan kondisi si Ijo saat ini. Cuman yang belum kesampaian sampe hari ini adalah service besar, ganti kampas kopling dan ganti ban depan yang udah mulai halus. Semoga ada rizki nanti buat itu semua, aamiin ya robbal ‘alamiin. Oke brosis, sekian dulu ulasan hari ini apabila ada yang salah komen dari bro – bro semua sangat Axer nantikan. Wassalamu’alaikum…
tarikan kurang greng emang ‘warisan’ sejak jamannya Kaze R 111 cc… 😉
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/05/17/kunci-pembuka-jok-vega-zr-itu-mengikuti-nenek-moyangnya/
bener mas, bebek kawasaki gitu loh
btw, aq wes komen kok nek link kui 🙂
nganu mas jare box filter athlete rada salah design , punya temenku tiap kehujanan pas parkir mesti kemasukan air , nek di starter bengek suwe nyala ne
bener mas, beberapakali ngresiki karbu, banyu udane gak tau keri xixixixixi.suwun sudah mampir 🙂
Jgn lupa ganti busi, oli, filter oli, biar mak nyusss 😎
sip gan 🙂
Kalau per kopling ya diganti racing bisa g bos
bisa aja kok gan 🙂
ya nih gan, gua dirumah ada yang warna merah..
cuman klo di ajak speed agak loyo, malah kadang di ajakin tes ama vixion..
tapi seneng nya serasa artis bawa motor ini, di pelototin melulu di jalan…
hahaha athlete mah, jalannya nyante aja gan. kan bentuknya gak mainstream biar puas yang mau pelototin hihihihii
iyo mas aku malah tak modif joknya bagian ngarep pas bokong disisir sitik rodo legok pucuk ngarep jok ditambah sitik paling spon 2 cm bagian mburi diratakke dengan nambah ngarepe wah jadi bungkuse sing rodo larang 80 ribu MB tech polos aja biar kaya asli bawaan tambah keren penampakannya selamat mencoba
joossss 😀
apalagi klo yg bawa cwe mas..sy bawa itu motor ngider2 yg melototin puas bgt .. pd heboh gtu ..serasa cwe jagoan gtu hahaha
hahaha jarang yang punya athlete kali gan 🙂
nek neng jalan perjuangan bekasi jakarta via kalimalang (keless malang) ewonan motor sing liwat paling ketemu athelete mung siji, bener2 limited edition he he he
padahal kalo aku bilang tarikan awal Athlete lebih narik daripada Bebek kawasaki lainnya… sama HSX juga narik Athlete deh
kalau langsung digas gede emang tarikane lumayan nyendal mas, apalagi kalau udah ganti kampas kopling GTO wes dijamin gigi 1 – 2 kudu ngangkat aja ban depannya 🙂
Mau cari kawasaki yg bagus ,tpi harga di bawah standar
Sdah lma ku impikan pngen pnya kawasaki ,pngen nya sic ninja ;nija lum ke beli ,athelit juga lum …kpan ya bisa kebeli
nabung gan, insyaallah kebeli 🙂
Mantab athlete nya mas 😉
motor lemot mas hehehe
Pantes motor ane pas gigi 4 lelet bener -__-
motornya athlete juga ya mas, kira2 leletnya kenapa bang?
athlete ku . lawan jupiter mx kok lumayan imbang ya … tarikan nya udah mantep se ke gigi 1 2 3 .. tp ke gigi 4 rada” aneh
tergantung jokinya juga gan, gigi 4-nya aneh gimana tuh?
athlete’e koncoq tarikan’e haduh2 lemot parahhh pokok’e -_- . tapi klo dah banter wuiiihhhh jupie q gak ono apa2 ne alias jauhhhh ketinggalan (pas topspeed)
lek akselerasi pancen lemot mas bro, tapi lek trek panjang lumayan speednya. cucok buat touring. loh bukane saiki wis ganti opersetroke 5 sepid to?
aku udah coba di jalur pantura
byson nguber ga kuat
jupiter z 2008 aja mangap2
mungkin faktor joki juga . . .
iya mas, tergantung joki juga. pernah juga kok nyoba sama byson pas di jalanan 😀
saya pnya new athlete 2013 putih,tp kok lemot bgt ya?udh diperkosa abis2an,nunduk jg udh,gk nyampe 100km/h pun,paling jg 90km/h..kira2 gmn ya crnya biar gk lemot tp gk mesti bongkar mesin?
kalau masih masa inreyen pelan2 aja dulu masbro, athlete itu normalnya 110-115 on speedo kalau kondisi standard. coba jetting ulang karbunya aja, pake busi tdr balistic atau ngk platinum, sama ganti cop busi yang 0 resistant.lumayan nambah diakselerasinya meskipun g banyak 🙂
kalau masih masa inreyen pelan2 aja dulu masbro, athlete itu normalnya 110-115 on speedo kalau kondisi standard. coba jetting ulang karbunya aja, pake busi tdr balistic atau ngk platinum, sama ganti cop busi yang 0 resistant.lumayan nambah diakselerasinya meskipun g banyak 🙂
udah 4000km masbro..setting karbunya gmn ya?ok dh thanks sarannya..rencananya mu gedein spuyernya,trus ganti busi iridium ma koil racing dlu, klo blm nambah jg baru ganti CDI nya ma BRT racing..
kalau CDI g usah diganti gpp masbro, CDI AX udah unlimiter soalnya. mending ganti kampas kopling GTO aja biar tiap giginya tambah nggigit. kalau pakai busi iridium pasokan BBM min pertamax masbro, kalau masih oktan 88 mending pakai platinum aja 🙂
aku punya saran masbro ganti muffler (knalpotnya) pake supra x 125 tapi yang kw aja, bentuknya murip ori athelete, harganya ekonomis 250 rb, potong saringan dalamnya, suaranya tetep adem gak brisik tapi udara lumayan ngeplong jadi tarikan bertambah lumayan gak geter selamat mencoba
ini ada rencana cuma mau ganti leher knalpotnya aja bro, soale kalau bawaan kan full kecil gitu, jadi tenaganya agak ketahan. jadi pengen gedein lehernya aja, silincernya tetep ori 🙂
athlete joss gandos bro, BBM ngirit 125cc, gue juga pakai, Si Blacky ku cukup tangguh dan irit. dijalan raya bukan buat kebut-kebutan, standart aja cukup, apalagi harga BBM naik terus. Saat ini cukup puas pakai athlete…kl ke solo boleh lah kita kumpul. kalau waktu longgar
sesama athleterider nih :D, ok masbro kalau ada waktu pengen juga maen ke solo lagi
josssss si om….
masih jos si baby shiro-nya om yoga kok 😀
KEkekeke,,, jangan gitu ah, di atas langit masih ada langit..
Happy workin om…
siap om 😀
nitip stiker dulu sebelum gawe hehhe..
monggo om
Bos kalo di jalan tanjakan kok loyo apa’y ya…???
ganti gear seatnya bro, athlete emang loyo diputaran bawahnya, bisa naik 1 tingkat dari ukuran aslinya
gan athlete ane keluaran 2010 yg strip merah api.. ada yg tau ga … di mana bisa beli stripping nya.? soalnya di bengkel resmi di medan ga ada jual
coba tanya di group FB ardvark garage gan
Minta info sparepart alternatifny dunk.mas brow
alternatif untuk spare part athlete yang mana bro?
Gan, boleh minta no yg bisa dihubungi? Mau konsultasi nih,
1 knp motor ane kok geter bgt ya, ga enak dibawa ngebut dari awal
2 kalo harga kopling GTO brp an ya gan?
3 shock breaker blakang ane mati, ganti apa yaks yang empukan?
1. kalau athlete memang “fitur” getar itu sudah bawaan gan, athlete kalau dari awal langsung bejek gas gak akan maksimal top speednya jadi harus “diurut” bukaan gasnya
2. kampas kopling GTO sekitar 130-150rban kalau g salah gan
3. bisa ganti ORI aja atau YSS khusus buat athlete gan, kalau YSS harganya diatas shock ORI kayaknya. (ORI kisaran 500rban kalau YSS di harga 600rban kayaknya)
add fb ane aja gan, ntar bisa ngobrol 🙂
Gan, konsumsi BBM athlete ente brapa ya?
Punya ane abis servis kok malah rada2 boros nih, biasanya 1 liter premium nyampe 40 km, sekarang cuman 33, knapa ya kira2?
Athlete ane putih yg facelift 2013, padahal baru km 2500…
biasanya 1:40 juga gan. kalau itu settingan karbunya mungkin gan. service di BERES yak? kalau di beres ya gitu deh, mending service dibengkel langganan aja gan
Wah, iya bro, service di BERES…
Ngga cuma boros bro, jadi lemot, gigi 4 max plg cuman 100 km/jam…
Masalahnya ane blom ada bengkel langganan nih, susah juga ya,haha…
Selain setelan karbu, yg harus diutak atik apa bro? biar tambah irit
kalau masalah irit setau ane biasanya cuma setingan karbu aja gan. kalau gigi 4 max 100kpj biasanya itu langsung bejek gas dari awal ya gan? kalau athlete buat dapet top speed jangan dibejek dari awal bro. harus diurut. gigi 1 nyape 20kpj, gigi 2 nyampek 40-50kpj, gigi3 nyampek 70kpj ntar mulai di gigi4 gas diurut pelan2 aja gan. 110-115 nyampek biasanya. athlete ane dulu bisa nyampek 115 cuman sekarang 100kpj aja ngoyo soalnya udah ganti ban yang agak gedean dikit 😀
motornya sama bos,punya q jg athlete putih yg 2013, iya emang lemot,ane jg 100 kmh aja susah bgt,pdhl dh dperkosa abis2an di trek panjang lg..gk nyampe2..
athlete gak bisa langsung dibejek gan, pelan2 aja betot gasnya
Oh gitu ya, brarti harus setting ulang karbu nih,
Pantesan susah ngejar top speed, ane sering main gaspol,haha
Oke bro, trims infonya 😀
sama2 bro 🙂
Gan, athleteku sekarang malah gasnya nyangkut mulu,padahal dah dibenerin berapa kali ke bengkel tetep aja gt lg,udah mumet bgt, pdhl motornya belom jg setahun..kira2 knp ya?trus harus ganti apanya biar gak nyangkut mulu,coz bahaya euy takut nabrak..
coba cek mur yang ada di selang gas (setelan gas) dibawah stang bro, mungkin terlalu kencang. jangan lupa cek juga grip gasnya seret atau ndak. kalau seret bisa jadi ada kotoran di sela2 grip gasnya
udh disetel brp x itu jg bos..Klo ganti kabel gas n per nya ngaruh Gk?
coba cek per piston skep atau katup kupu-kupu. Lalu, pastikan cuk dalam kondisi bebas alias enggak nyangkut. Sebab, cuk dalam posisi “ON” memungkinkan bodi karbu ada titik air saat musim hujan.
mas saya mu beli kabel gas athlete tp gk ada d dealer kawasaki jg,k bengkel biasa apalagi..sy tinggal d daerah cikupa tangerang,kira2 ada yg jual via online gk?coz susah bgt nyarinya..
kabel gas bisa pake punya vixion bro
emng bisa pake yg injeksi?ok dh thanks bro,ntr dicoba
oh sory bro, kabel gas ya. ane pikir kabel speedo 😀 . kalau kabel gas bisa pake kabel gas vespa bro ntar kalau kepanjangan tinggal ukur sesuai panjang selangnya aja
oia..atau bisa dikanibal sm merek motor lain gk?klo bs dgnti pke kbel gas mtor apa?
mas bro,kira kalo shock belakang athlete di pakein peninngi shock riskan patah g?kira2 mas bro ngerti di daerah surabaya yang jual peninggi shock athlete daerah mana?trakhr,shock dpn gue bocor krna ad bkas sprti bekas lem altecco.biar kagak ganti shock(cm gnti oil seal aj)diapain y??kl emg hrs gnti kira2 brp hrga shock dpn lgkp?
peninggi shock bisa pake punya jupiter MX bro, selama pemakaian gak ekstrem insyaAllah aman2 aja. shock depan bocor kemungkinan cuma masalah di seal aja bro. kalaupun memang harus ganti full set ya lumayan harganya sekitar 3jutaan
Gue udh nyba gnti seal tp ttp bocor krn di tabungny ad bkas lem altecco it.udh cb di kerik pln2 ttp aj g mau lps.kl gnti ckrm dpn plus kaliper lgkp abz brp y?
disc cakramnya sekitar 200rb-an bro, kalau kalipernya sekitar 500rb-an CMIIW
tebakan,niy aslinya pengin fu tapi duit ga nyampai…
http://mumet-ndhase.com/
wakakakakak ngerti ae lek, tapi jujur aq ora begitu sreg karo FU 😀
mergo terlalu racy ya,pegel ning boyok…
salah satune itu lek, salah duanya adalah mengko iso tuku tapi ra iso ngopeni 😀
Aku perku piston model dome standar, main jet 112 buat si ijo puoyaku belinya dimana ya?Soalnya di daerahku gak ada.
sampeyan di daerah mana masbro?
thanx infonya
tengkyu imponya …
sama2 bro 🙂
Mazz kampas kopling + peer kopling e pake e apa ki mazz men tambah wuzz2 asal e wek ku wes tak ganti kampas tetep ae nyemeh mlayu ne karo piston dome ki seng kaya punya apa yoo sisan meh turun mesin kentean oli asal e wek ku
kampas kopling bisa pake punya kawasaki GTO, kalau piston dome bisa pake punyae KAZE kayaknya
tak kei saran bro…
mendingan per koplinge ditambah bro
mengko tarikane koyo motor king
tur ora nggeter banget…
Bro..letak fuse di athelit dmn ?lampu di dashbord mati tp bila motor hidup nyal tp kedib mksh
fuse athlete di area aki bro, lepas aja akinya nanti kelihatan
Asyik banget baca dari atas nyampe mentok bawah.. motor bandel n ngirit BBM setingan always standart bawaan pabrik. Pemakaian 3 tahun lebih dikit maks speed skrng cuma mentok di +-120km/h. Km skrng udah 26.536
Kira-kira apanya ya mas gan? Ada yg bs ngasih solusi.
Sama mau nanya yg jualan striping Athlete dimana ya?
Thanks.. salam AX raider.
standard bisa 120km/h on speedo udah bagus banget itu bro. Kalau mau performa lebih ya paling ndak harus maen bore up, porting polish, modif pengapian. stiker athlete agak susah nyarinya bro. di beres juga mungkin harus indent CMIIW
salam AX Rider Kediri 🙂
Di tempat ane Magelang, Dah sempet kmrn ane tanyain, stripingnya jg ga ada walau di beres. kl indent ntar di PHP lagi hahaha.
Owh jd usia 3 tahun+ bs jalan 120 km/h dah bagus ya. Selain itu sih ga ada masalah. Kalo masalah tarikan emang ane bs maklum, itu ciri khas si AX, tp kl dah jalan 80+, lumayanlah menuju 110-115 tanpa kendala 😀 Lagian Ga jd masalah buat ane yg ngga suka balapan. Cuma demen menikmati AX di speed tinggi, tp ya lihat2 jalan n kondisi arus juga.
Biasa pas lampu merah, pas lampu nyala ijo diremehin (AX gitu lho) tp giliran masuk gigi 3 n 4, siap2 senyum aja ngelewatin yg td ngeremehin.. (bkn balapan ya bro, cuma pengen cepet nyampe aja 😀 )
Salam AX Riders Temanggung
hahaha motor kelas premium sih jalannya pelan2 aja bro. biar pada puas yang mau ngliatin 😀
sebaliknya, athlete itu kompresinya 9,8:1 .itu standarnya RON91-92 gan.. alias harus pakai pertamax. kalau nggak tarikannya ‘ngeden’
cb deh skali2 diisi pertamax 😀
udah kok gan, sekali2 udah di isi pertamax, kadang juga di oplos.memang tarikannya beda kalau pake premium. kalau lagi ceak ya full premium kadang juga ngecer 😆
hmmm, rata2 keluhannya sma dari segi tarikan & getarannya,
disini yg saya keluhkan itu starternya gan, electricnya susah banget wlaupun Aki baru dan engkolnya jga gan susah. kira2 gmn ya?
oh ia 1 lagi, itu klo make piston dome bagus buat penggunaan gmn gan? di dalam kota apa ngetour gtu? klo penggunaan dalam kota aja bgusan gmn tu settingan karbunya?
maaf sblmnya gan, msh newbie 🙂
masalh atlit memang selain getaran juga kelistrikannya masbro, atlirq juga gitu aki baru electric starter cuma bisa nyalan beberapa bulan saja. engkolnya memang agak susah kalau kondisinya dingin. kalau pistone sih pake flat aja enak bro, lebih enteng nyampek RPMnya. kalau dalam kota pake setingan karbu basah aja gan 🙂
Oalah gtu ya, apa kiprok nya kali ya yg hrs gnti?
di beberapa grup Ax, bnyk yg nyaranin make Piston Dome? itu gmn gan? ane nanya2 ke bengkel2 jarang banget ad yg jual.
settingan karbu basah yg gmn tu gan?
sorry newbie jadi krg ngerti.
kalau piston dome g paham coba pake istilah piston jenong bro. setngan basah gimana ngejelasinnya yak bingung hehe. coba aja bro langsung ke bengkel pasti tau nanti mekaniknya 🙂
Iya kwekkwe sinonim gaulnya lah itu.
udah gan, ane udh survey ke bbrapa bengkel, katanyta setingan standar nya udh pas, malah lbh bingung jadi nya @.@
berarti ya standar aja gan, warna kepala busi merah bata kan? itu udah setingan yang pas buat harian 🙂
Gan, alamatnya mana? Ane asli pare pgn ktemu n tanya lgsg soal si ijo ane.
desa sobo kec. ngasem bro. kalau tempat kerja ane di jl.dhoho gg. masjid setono gedong. kalau tanya bisa add fb aja bro biar bisa chat 🙂
Nanya gan. Emang kalo sekali2 diminumin pertamax trus oper ke premium lagi ngga ngerusak mesin gitu?
kalau ngerusak mesin sepertinya ndak gan, cuman memang deposit keraknya kalau pakai premium kan lebih banyak dari pada pake pertamax (sesuai dengan kompresi mesinnya). jadi ya pake pertamax sesekali itu buat ngurangin deposit kerak di mesin aja IMHO
ksh info ni tuk yg pny athlete.kampas dpn bisa pake pny blade dan yg belakang gl pro.tuk athlete 2013
sip bro, manteb infonya
nyari Main Jet satu step diatas ori yg jual dmn ya gan? klo k bengkel ngomongnya gmn ya? maaf newbie gan,posisi jogja.
coba di toko onderdil aja bro, bisa pake punya kaze, kaze R atau punya ZX130. bilang aja beli pairkit karbu motor yang ane sebutin tadi 🙂
klo cuma beli main jetnya aja bisa gak ya mas? utk harganya kira2 brp ya?
wah kalau itu kurang tau bro, biasanya sih pairkit itu 1 set g tau ada jual main jetnya aja atau ndak
okesip thx infonya gan 😀 btw agan org mana nh? klo jogja boleh dimari merapat bareng KACY gan.hehe
ane orang kediri, jawatimur bro hehehe
oh kirain aja,hehehe. Salam ax riders bro!
siap bro 🙂
Ikut share aja..athlete ku udah 3th..udah jalan 123.000km blm pernah servis. Cm rutin ganti oli. Sampe skr msh mantap seperti baru. Tiap ganti olie saya isi 1200ml.
postingannya & komen2 ny keren2…
Kok atlet ane suka ngeden ya gan.. klo diatas 80/kmh motor udh goyang..mentok 115/kmh doank , klo naik lgi isa gan gan? Trus pke karbu PE28 bsa ga?
kalau gak ngeden ya bukan AX bro :D, 115 itu juga udah bagus kok. kalau naik lagi pasti bisa kalau treknya lurus dan panjang. PE28 bisa cuma nanti ada sedikit ubahan di intake manifoldnya CMIIW 🙂
Klo bwt AX cdi nya bagusan BRT apa Denso?
BRT boleh tuh bro, tapi CDI AX kan udan unlimiter. jadi kalaupun diganti BRT ngefeknya juga g terlalu banyak CMIIW
Pak.. kasih tutorialnya cara buka tail light AX dong.. ane pengguna baru AX, gak berani asal buka.. hehehe…
buka mikanya tail light AX harus pake hot gun bro, agak susah. soale aku juga pernah nyoba g pake hot gun susahnya minta ampun hehehe
klo punya saya kendala y ada di stang bro,,,asli y emng berat stang y,,,tapi saya pengen di bikin enteng bro,,,gimana caranya,,,
kalau stang AX emang berat mas, coba di cek komstirnya terlalu kenceng atau ndak? kalau terlalu kenceng bisa agak dilonggarin. saya dulu pertama pake AX juga berat (dari bebek ke AX) tapi lama2 juga biasa 🙂
membuat motor punya akselerasi lebih nampol itu mudah dan murah dari pada menambah top speed caranya 1. lilit kabel busi dg kawat email untuk ground strap 2. ganti cop busi 0 ohm 3. antara kabel cdi dan koil pasang elco 5 uf/400 v untuk booster koil 4. bor intake kw trus pasang nepel 16 mm siapkan juga selang elpiji, klem, tabung paralon 2 dim dan tutup untuk membuat tabung induksi seperti di yamaha rx king ( yg saya suka tabung induksi kalau dipasanh di motor apa pun akselerasiny sangat kuat)
mantap bro
mas bro numpang nya ne..
ane pnya kwasaki athlete
ane dh pake karbu sonix
trus kmpas kopling dh ganti baru
noken as’a nya jga dh ganti,,tpi trikan’a lama” xo ga nendang…
butuh tips’a ne mas bro
thank’s
kamkop ori atau racing bro? kalau racing mungkin sudah mulai habis. coba pakai kamkop kawasaki GTO sama coba setting ulang karbunya
Klo bleh tau patokan setelan udara dan gas berapa putaran banding berapa putaran masbro…soale gonku boros eram gek paling banter gur 110 tok…
waduh kalau itu g faham aku bro, aq nyetelnya ya kalau dirasa udah enak ya udah gitu aja. g pernah ada patokan. tapi athlete pake ban standard lari segitu udah bagus bro. dulu athleteq pake ban standar cuman 115 lebih dikit. sekarang pake ban gede 110 aja udah ngeden 😀