Brosis, siapa sih yang gak tau kalau kawasaki athlete itu motor penipu :P. Eits tunggu dulu, penipu dalam hal apa dulu donk. Kawasaki athlete dengan tampang ayagonya ini kadang sering disejajarkan dengan Sisuzi Santeria EpYu, padahal ya butuh banyak ubahan disana sini buat bisa nyaingin si bebek hyper underbone macam SF. Yup penipu yang Axer bilang adalah penipu dari tampangnya. Karena gak jarang juga para rider SF di lamer bleyer – bleyer ngajakin tarik – tarikan. Lha Axer ya santai aja to lha wong diatas kertas saja sudah kalah telak kok. Jadi ya sok silahkan maju duluan saja yang mau tarik – tarikan, Axer mah kalem saja. Motor kelas premium bukan pertamax kayak si Ijo ya pelan – pelan saja biar yang liat tambah mupeng (ngarep :mrgreen:).
Tidak bisa dipungkiri memang, Kawasaki Athlete ini baru keluar peak powernya pada saat putaran mesin meninggi.Jadi butuh trek agak panjang buat bisa mencapai top speed. Akselerasi juga terbilang lemot dikelasnya, beda dengan HSX125 ataupun Shogun 125 maupun Axelo 125. Jadi untuk urusan tarik – tarikan athlete tidak masuk dalam hitungan, kecuali kawasaki athlete yang sudah mengalami beberapa ubahan disektor mesin seperti kawasaki athlete yang menyabet fastest lap di sirkuit international sentul di ajang indoprix pada 2009 silam. Lalu bagaimana sih cara meningkatkan performa dari kawasaki athlete ini biar lebih keluar lagi powernya. Salah satunya adalah merobek filter elemen udara 2-3 strip untuk meningkatkan konsumsi udara pada proses pembakaran BBM.
Alternatif lain adalah oversize piston dengan menggunakan piston bertipikal dome untuk memperoleh kompresi yang lebih besar. Tipe mesin kawasaki athlet yang over square dengan diameter silinder 56mm dan diameter langkah 50,6mm pada RPM bawah memang tak terlalu terforsir (makanya lemot) tapi mantap untuk urusan top speed. Kalau buat touring sih oke, tapi kalau untuk didalam kota kok malah jadi boros brosis. Soalnya untuk narik di awal dibutuhkan RPM tinggi untuk bisa mencapai power otomatis buka throtel juga lebih dalam dan konsumsi BBM jadi ngowos. Daripada harus bore up kan eman – eman bro mending ganti pistonnya saja dengan model dome.
Selain itu adalah setingan karbu, di sektor pengabut bahan bakar ini bisa diseting untuk touring dengan main jet 112 dan pilot jet 22, sementara untuk kota – kota bisa diseting dengan main jet 105 dan pilot jet sama 22. Supaya tarikan makin nyus dan tidak boros BBM. Cara – cara diatas Axer ambil dari beberapa sumber diantaranya adalah dari ototrend.com. Untuk saat ini sih belum dipraktekkan pada si Ijo karena Axer masih nyaman – nyaman saja dengan kondisi si Ijo saat ini. Cuman yang belum kesampaian sampe hari ini adalah service besar, ganti kampas kopling dan ganti ban depan yang udah mulai halus. Semoga ada rizki nanti buat itu semua, aamiin ya robbal ‘alamiin. Oke brosis, sekian dulu ulasan hari ini apabila ada yang salah komen dari bro – bro semua sangat Axer nantikan. Wassalamu’alaikum…
gan mau nanya ni
klo club atau komuniti AX di surabaya ada apa gak ya?
klo ada daerah/alamatnya bisa bantu ksi tau ane gan.
coba cek FBnya disini bro https://www.facebook.com/groups/axsurabaya/
Ok
thanks
ok bro
Untuk meningkatkan power bisa upgrade pengapian bro…misal menambahkan lilitan kawat dinamo pada kabel busi,trus ujung nya di kasih skun utk di bautkan ke body… Aki bisa di kasih Elco 2 buah yg ukuran 10000uF 50V atau 100v…di paralel…kabel positif masuk ke positif aki,negatif bisa di pasang ke negatif aki atau ke body/massa… Untuk kop busi,batang yg di tempel kabel busi di belah di tengah,dan ambil resistornya,ganti pake baut seukuran…lalu di lem,bisa pake alteco lalu di kasih lem besi…power meningkat,lebih irit…
jossss
makasih infonya mas bro ane baca parat sampe ke bawah hehhehe
sama2 bro 🙂
Pingin athlete…
Tapi sulit banget nyarinya…
Post-sidoarjo…
Ada yg bsa bantu gk gan….
coba cari di tokoganteng gan kayaknya ada tuh
mas bro pir kopeling yang sama degan athelit pir k0peling apa
salam kenal aja bang
salam kenal juga bro 🙂
bang..emang bawaab athelet yg klo di gas getaran nya kerasa bngt
udah bawaan orok bro, tapi kalau udah terbiasa ya gak kerasa getaran cintanya 🙂
emang gitu Gan, dan satu hal lagi kalo macet dan mesin dlm keadaan nyala, pegel ke tangan, ane perjalanan satu jam aja bisa kesemutan itu tangan kalo banyak macetnya…tapi kalo lancar seperti keluar kota malah ga kesemutan tuh tangan
Gan , kalo busi udah dol drat yang di mesin nya ? solusinya gimana Gan ? Kemarin busi athkete ane tiba2 mental untungnya kuat nyangkut di kabelnya, pas ane coba pasang lagi eh ga bisa kenceng, coba pake busi baru juga sama, berarti drat di mesinnya rusak ya Gan…Solusi terbaik gimana Gan ? terimakasih tanggapannya
Gan salam sejahtera
Mau nanyak nih, kira2 ada ga ya rekomendasi shockbreker yss di kawasaki Athlete125 pengen dinaikin sedikit ekornya si AX125 (terkadang suka kandas klo boncengan) pernah coba pake peninggi MX yah.. ketinggian gebetan sewot mulu lihatnya, mohon bantuannya
mantap AX125, ga terasa dah masuk 6 tahun 4 bulan pemakaian
terima kasih
Kalau darat nya udh dol, di tap aja Gan ke tukang bubut, du ane jg gtu, sama umur ah ane udh 6 tahun
Gan nihh. .. Bru mo ambil athlete ni. Lo di bandingin ma. Vario ngirit mn bhan bkarnya gan… Trus klemhanny ap gan
Lo beli main jet ukuran 105 dan pilot jet 22 dmn gan?
Bro mo nanya pilter AX bisa di ganti ga sama pilter supra x125.da epek samping’y ga
Klotampa di iris 2 atau 3 tp gkbusah pke filter sekalian gimana gan,
Kan sayang karetnya klo diiris..